Jumat, 17 Juni 2022

BELAJAR TAHSIN, KAMIS 16 JUNI 2022

                                                                       BELAJAR WAFA 4


Hari ini, Kamis 16 Juni 2022 adalah jadwal kami belajar Tahsin. Karena saya masih pemula dimana saya ikut kegiatan ini sekitar akhir Desember 2022. Oleh karena itu saya ditempatkan di kelas WAFA. Sementara teman-teman yang lain ada yang sudah satu tahunan dan ada juga yang lebih. Mereka masuk di kelas AL-QUR'AN. Jadwal kelas AL-QUR'AN masuk setiap hari Selasa dan kelas WAFA masuk setiap hari Kamis. Sedangkan pada hari Jum'at kami belajar Tahfidz, Bahasa Arab, yang diselang seling setiap pekan. 

Di kelas WAFA kita masih belajar membaca kata-perkata. Belajar membaca huruf demi huruf  sesuai dengan makhroj dan tajwid yang benar. Seperti belajar IQRO'.

Pada awal masuk, saya diberikan materi Wafa 3, dan alhamdulillah sudah selesai dan berlanjut ke Wafa 4. Puji syukur yang sebesar-besarnya kehadirat Alloh SWT yang telah memberikan hidayah kepada saya sehingga tergerak hati dan langkah saya untuk mengikuti Tahsin ini. Bisa berkumpul di majelis ilmu dengan orang-orang yang sholehah, bisa memperbanyak silaturrahmi dan semoga bisa memberikan berkah bagi kami semua. Peserta yang ikut di kelas ini adalah Ibu-ibu yang usianya sebagian besar 40 tahun ke atas. Dan yang mengajar kami juga Ustadzah yang sudah berpengalaman. Kami berasal dari berbagi macam latar profesi. ada yang guru, pegawai, pengusaha, pedagang bahkan ibu rumah tangga biasa. Tapi kami disini tidak memandang perbedaan itu semua. Kami mempunya satu tujuan adalah belajar menuntut ilmu Agama  terutama bagaimana cara membaca Al-Qur'an yang baik dan benar. Terus terang saya pribadi selama ini sudah merasa bacaan Al-Qur'an saya baik-baik saja, tapi ternyata begitu masuk kelas ini pengetahuan saya masih di bawah rata-rata. mulai dari bacaan Ta'awuz masih belum sempurna. Apalagi bacaan yang lainnya. Astagfirullohaladzim....selama ini bacaan saya masih banyak yang salah. padahal membaca Al-Qur'an dengan baik dan benar hukumnya wajib. Tidak terbayang berapa banyak dosa yang akan saya dapat jika tidak segera belajar tentang hukum bacaan Al-Qur'an. 

Walaupun umur sudah 47 saat ini, tapi insya Alloh saya akan berusaha untuk belajar hal-hal yang baik. Apalagi ini untuk akhirat. Saya yakin Alloh Maha Mengetahui dan Dia akan menilai usaha yang dilakukan oleh UmmatNya. Semoga di sisa umur saya ini, saya masih diberikan kesempatan untuk menuntut ilmu yang bermanfaat agar bisa terus bisa memperbaiki diri. Dan semoga kita semua tetap dalam lindungan Alloh SWT.

Mencari imu adalah hal yang mulia di sisi Alloh SWT dan merupakan satu diantara ibadah yang diterima di sisi-Nya.

Nabi Muhammad SAW juga pernah bersabda, "Barang siapa yang menapaki suatu jalan dalam rangka menuntut ilmu, maka Alloh akan memudahkan baginya jalan menuju syurga." (HR. Ibnu Majah & Abu Dawud.

Semoga tulisan singkat ini bisa bermanfaat bagi saya dan orang lain. Aamiin.

Salam Literasi

Lombok Timur, 17 Juni 2022


2 komentar:

  1. Pengalaman tentang menuntut ilmu yang luar biasa. Lanjut, Bu. Pahala menanti dari setiap huruf yang dibaca.

    BalasHapus
  2. Terima kasih Bun....saya masih harus banyak belajar tentang banyak hal...

    BalasHapus

AKSI NYATA MODUL 1.4

  AKSI NYATA MODUL 1.4 OLEH     :     MISPALAH, S.Pd. CALON GURU PENGGERAK ANGKATAN 7 UNIT KERJA     :     SMPN 2 LABUHAN HAJI LATAR ...