Kamis, 26 Januari 2023

AKSI NYATA MODUL 1.4

 AKSI NYATA MODUL 1.4

OLEH    :    MISPALAH, S.Pd.

CALON GURU PENGGERAK ANGKATAN 7

UNIT KERJA    :    SMPN 2 LABUHAN HAJI


  • LATAR BELAKANG

Penerapan budaya positif di sekolah sangatlah penting untuk menunjang lingkungan belajar yang kondusif. Guru dan tenaga kependidikan lainnya berkewajiban memberikan contoh yang baik bagi para siswa agar tercipta lingkungan belajar yang nyaman, aman dan tertib. Pembiasaan-pembiasaan positif perlu ditanamkan kepada siswa, agar nantinya lambat laun akan menjadi budaya positif di sekolah tersebut, dimana semua warga sekolah akan menjalankan budaya positif tersebut dengan baik tanpa merasa ada unsur keterpaksaan. Misalnya jika setiap hari anak dicontohkan dan dibina untuk menjaga kebersihan, maka secara tidak langsung mereka akan terbiasa membuang sampah pada tempatnya, membersihkan kelas dengan sukarela. Begitu juga dengan pembiasaan-pembiasaan lainnya seperti membiasakan disiplin, bertanggung jawab, senyum, sapa, mengucapkan salam, disiplin, menghoramayi orang lain, dan sebagainya. Dan jika budaya positif itu terlaksana, maka hal tersebut akan mempengaruhi karakter dan semangat belajar siswa menjadi lebih baik.

  • TUJUAN AKSI NYATA

Adapun tujuan aksi nyata yang dilakukan Calon Guru Penggerak adalah:

1. Pembiasaan budaya positif ditujukan untuk menciptakan suasana belajar dan lingkungan sekolah yang lebih kondusif, nyaman dan menyenangkan

2. Budaya positif diterapkan agar siswa merasa nyaman menjalankan tata tertib sekolah tanpa ada rasa terpaksa

3. Melatih tanggung jawab dan kedisiplinan peserta didik di lingkungan kelas dan sekolah.

4. Terciptanya hubungan yang lebih baik antara guru dengan guru, guru dengan siswa, siswa dengan siswa sertasemua pihak yang terlibat.

 

  • TOLAK UKUR KEBERHASILAN

Untuk mengetahui sejauh mana kegiatan ini sudah dilakukan dan mengontrol aksi nyata agar terarah dan sesuai dengan tujuan yang akan dicapai, maka digunakan tolak ukur sebagai berikut:

1. Peserta didik mampu menjalankan budaya positif yang sudah disepakati

Peserta didik mampu menjalankan keyakinan kelas/ sekolah yang sudah disepakati tanpa ada rasa keterpaksaan seperti menjaga kebersihan, disiplin, bertanggung jawab, menerapkan salam, sapa dan senyum, saling menghormati dan lain sebagainya.

2. Peserta didik menunjukkan sikap aktif, sopan dan seriusmengikuti proses pembelajaran.

Peserta didik menunjukkan sikap berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran di kelas.

3. Peserta didik bertanggungjawab dengan tugas yang diberikan guru.

Peserta didik mengerjakan tugas yang diberikan guru dengan penuh semangat dan tanggungjawab.

4. Peserta didik mampu menyelesaikan masalah yang dihadapi dalam proses pembelajaran. Peserta didik berani bertanya jika kurang paham dengan materi pembelajaran, mampu menemukan jawaban dari pertanyaan yang diajukan guru, memiliki rasa percaya diri untuk menunjukkan hasil karyanya.

  • LINIMASA YANG AKAN DILAKUKAN

Calon Guru Penggerak melaksanakan aksi nyata yang diterapkan dalam pembelajaran sehari – hari. Diawali dengan membuat keyakinan kelas, menempel keyakinan kelas yang sudah disepakati agar mereka tetap mengingat kesepakatan yang sudah mereka buat, menempel jadwal piket kebersihan kelas, memajang poster terkait kebersihan, melengkapi alat-alat kebersihan di kelasanak guna mendukung bersihnya lingkungan kelas yang tentunya berdampak terhadap semangat belajar siswa.

 Adapun langkah-langkah aksi nyata yang dilakukan :

1. Meminta ijin dan berkoordinasi dengan Kepala Sekolah untuk melaksanakan aksi nyata.

2. Membuat rencana tindakan pengembangan pembelajaran yang menyenangkan dan berpusat pada anak.

3. Membuat keyakinan kelas sebagai dasar budaya positif yang akan selalu diyakini setiap peserta didik.

4. Tetap mengontrol keterlaksanaan keyakinan kelas yang sudah dibuat

5. Melaksanakan proses pembelajaran yang dapat meningkatkan nalar dan kreativitas serta tanggung jawab siswa.

6. Melakukan refleksi dan evaluasi.

  • TANTANGAN KEGIATAN

1. Masih ditemukan peserta didik yang belum paham tentang keyakinan kelas sehingga dalam kegiatan pembelajaran memerlukan bimbingan secara berkelnjutan.

2. Sebagian besar siswa masih kurang percaya diri dalam mengungkapkan pendapat dan ide mereka

3. Masih agak sulit menjalin kolaborasi dengan para guru lainnya karena mereka juga mempunyai kesibukan tersendiri dan masih kurangnya apresiasi mereka terhadap program guru penggerak.

 

  • DUKUNGAN YANG DIBUTUHKAN

Untuk mewujudkan rancangan tindakan aksi nyata, maka Calon Guru Penggerak membutuhkan dukungan dan bantuan dari berbagai pihak, antara lain:

1. Stakeholder

Calon Guru Penggerak dalam melaksanakan aksi nyata membutuhkan dukungan dari Kepala Sekolah maupun rekan sejawat melalui koordinasi dan kolaborasi supaya penerapan budaya positif dapat berjalan sesuai dengan rencana.

2. Orang tua murid

Orang tua murid memberikan dukungan dalam pelaksanaan aksi nyata yang dilakukan guru di sekolah dengan memfasilitasi anak – anak dengan menyediakan bahan dan alat yang digunakan dalam pembelajaran. Orang tua juga menjadi pengontrol perilaku siswa saat di rumah dan nantinya akan berkolaborasi bersama guru untuk membahas perkembangan siswa.

3. Media yang digunakan

Media yang digunakan dalam tindakan aksi nyata ini memberi kemudahan guru dalam penyampaian materi maupun hal-hal yang berkaitan dengan pembiasaan budaya positif. Media ini dapat berupa poster, video, maupun power point yang dibuat guru.  

DOKUMENTASI HASIL AKSI NYATA  

1. Koordinasi dengan Kepala Sekolah


2. Membuat keyakinan kelas
a. Guru menjelaskan tentang keyakinan kelas


b. Guru membimbing siswa untuk membuat ide/pendapat tentang suasana kelas yang mereka idamkan


c. Siswa menempel ide mereka terkait kelas yang mereka idamkan


d. Guru membacakan hasil dari ide yang sudah ditulis oleh masing-masing siswa


e. Guru dan siswa menyimpulkan kesepakatan kelas 


f. Menempel hasil kesepakatan/keyakinan kelas di kelas






DOKUMENTASI TERKAIT PENERAPAN BUDAYA POSITIF TENTANG MENJAGA KEBERSIHAN


















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

AKSI NYATA MODUL 1.4

  AKSI NYATA MODUL 1.4 OLEH     :     MISPALAH, S.Pd. CALON GURU PENGGERAK ANGKATAN 7 UNIT KERJA     :     SMPN 2 LABUHAN HAJI LATAR ...