Senin, 25 Juli 2022

BLOG SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN

 

PERTEMUAN KE 29


Pertemuan Ke 29

Hari/Tanggal : Jum’at, 22 Juli 2022

Narasumber :  NANI KUSMIYATI, S.Pd.,M.M.,CTMP.

Moderator :  ROSMINIYATI

Tema  : BLOG SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN

 

Bismillahirrohmanirrohim.

Assalamualaikum Warohmatullohi Wabarokatuh. Semoga kita semua tetap dalam lindungan Alloh Yang Maha Kuasa agar kita dapat melaksanakan ibadah serta aktifitas-aktifitas lainnya.

Alhamdulillah pada malam ini, Jum’at, 22 Juli 2022 kita masih diberi kesehatan dan kesempatan untuk mengikuti pertemuan ke 29 kegiatan Belajar Menulis PGRI Nusantara dengan tema BLOG SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN dengan narasumber yang sangat berpengalaman Ibu NANI KUSMIYATI, S.Pd.,M.M.,CTMP. Dan moderator Ibu ROSMINIYATI.

Berikut ini adalah CV narasumber malam ini :

 

Seperti biasanya acara dibuka oleh moderator dengan ucapan salam kepada seluruh peserta dan menyampaikan susunan acara pada malam ini, yaitu :

1. Pembukaan

2. Penjabaran Materi

3. Sesi Tanya Jawab

4. Penutup

Dan acara pembukaan diawali dengan membaca Basmallah dan berdoa menurut agama dan keparcayaan masing-masing.

Narasumber memasuki ruang chat dan memulai materinya.

Malam ini topik yang akan beliau bahas "Blog sebagai Sarana Pembelajaran. Beliau mengambil topik ini untuk mengingatkan beliau pribadi dan bapak ibu, bahwa menulis di blog seperti kita menulis dibuku catatan kita. Berbeda namun memiliki manfaat yang sama yaitu mengabadikan buah pikiran kita sendiri maupun pelajaran yang kita dapatkan dari sumber lain. Sumber lain itu dapat berupa buku, digital book, pengalaman orang lain maupun ilmu yang kita dapatkan dari guru kita, ketika kita masih belajar di bangku sekolah maupun kuliah.

Saat ini blog bukanlah sesuatu yang baru karena hampir setiap orang mengenal tentang blog. Bahkan bertahun-tahun yang lalu para penulis juga kaum akademia menggunakan blog untuk mengekspresikan ide, pengalaman dan ilmu yang di dapatkannya. Bagi beliau blog sangat membantu mengingat kejadian-kejadian yang menarik perhatian beliau baik dimasa lampau atau saat ini. Masa lampau dengan dibantu dokumentasi berupa foto-foto akan mudah mengemasnya kembali menjadi sebuah cerita true story. Sedangkan kejadian dimasa kini akan lebih mudah dituliskan di blog karena ingatan kita masih fresh untuk mengingatnya. Maka beliau menyarankan jika bapak ibu melihat kejadian yang menarik perhatian, maka segera tulislah di blog. Ketika hendak menulis, tidak selalu menggunakan laptop atau komputer, namun HP dapat membantu kita untuk menuliskan poin-point singkat tentang kejadian atau pengalaman yang menarik untuk diceritakan. Setelah memiliki waktu luang barulah kita dapat menuliskannya. Bagaimana jika kita benar-benar sibuk dan tidak ada waktu menuliskan poin-poin tersebut menjadi karya yang dapat dinikmati sendiri maupun orang lain? Dan bagaimana jika tiba-tiba tidak ada mood untuk menuliskannya? Beliau yakin kondisi ini pernah dialami bapak dan ibu termasuk beliau pribadi. Jika kendalanya sibuk sekali, beliau akan berusaha untuk meluangkan waktu untuk menuliskannya walau hanya penjelasan satu poin saja. Kemudian dikesempatan berikutnya menulis 1 (satu) poin lagi. Menulis tidak dapat kita lakukan ketika kita sedang mengendarai mobil dan kita berada di belakang kemudi. Akan berbeda jika menjadi penumpang maka akan lebih mudah menuliskannya di Hp selama perjalanan bekerja atau pulang. Draf tulisan pasti masih kasar, biarkan saja, yang terpenting poin-poin itu sudah ada deskripsinya. Ketika ada waktu barulah dibaca kembali untuk menyempurnakan tulisan tersebut. Blog dapat menjadi sarana belajar, terutama belajar writing. Bagaimana menyusun kalimat yang benar dan menarik hingga menjadi paragraf per paragraf yang memiliki makna. Sebagai guru, blog dapat menjadi salah satu alternatif di dalam mengajar. Beberapa guru dapat menggunakan google form, whatsApp atau media lain namun jika media tersebut dapat saling melengkapi akan lebih bagus.

Blog dapat menjadi suatu pilihan sebagai media pembelajaran. Bagi guru blog bisa sebagai media pembelajaran bagi dirinya sendiri dengan menuliskan inovasi di dalam mengajar baik berupa teknik mengajar maupun materi ajaran. Walau sebenarnya dapat di simpan di flash disk atau laptop. Kekurangannya jika laptop atau flasdisk terkena virus maka akan sangat riskan hilangnya materi ajaran.

Blog adalah salah satu media aman untuk menyimpan materi pelajaran kita karena tidak akan terkena virus. Yang terpenting tidak lupa nama blog dan password-nya. Jika lupa password masih bisa dipulihkan melalui email atau no Hp kita. Karena blog bersifat umum atau dapat dibaca orang lain, sebaiknya kita pandai memilih materi mana yang boleh dibaca orang lain. Jika guru memiliki soal-soal dan dianggap masih bersifat konfidensial atau rahasia, sebaiknya jangan disimpan di blog.

Ketika mengajar, beliau gunakan blog untuk mengirimkan tugas-tugas ke siswa dan beliau meminta mereka menjawab di blog mereka dan mengirmkan linknya ke group. Beliau juga memberi tugas ke siswa lain untuk berkunjung ke blog teman-temannya minimal dua blog. Beliau tidak dapat memaksa mereka untuk visit ke semua blog karena mereka juga mendapatkan banyak pekerjaan rumah dari guru berbeda.

Dalam bahasa Inggris, writing termasuk salah satu skill yang tersulit karena budaya menulis masih di dominasi kaum akademia atau pegiat literasi. Untuk siswa dengan level bahasa Inggris elementary, beliau biasanya memberikan topik umum dan memberikan contoh cara mendeskripsikan topik tersebut. Beliau juga menyarankan menggunakan google translate untuk membantu mengerti isi dari reading. Kemudian menceritakan kembali dengan bahasa mereka sendiri. Bagi yang benar-benar level begginer beliau meminta mereka membuat kalimat dalam bahasa Indonesia dengan berpedoman SPOK (Subyek, Predikat, Obyek dan Kata keterangan), baru mereka terjemahkan dengan google translate untuk mengetahui bahasa Inggrisnya. Mereka belajar menganalisa tulisan mereka sendiri juga memperhatikan kalimat bahasa Indonesia dan bahasa Inggrisnya. Bagaimana dengan siswa SD atau SMP? Menurut beliau mereka bisa memiliki blog namun dengan bantuan orang tua atau kakak-kakaknya yang mengerti blog dengan segala etika bersosial media. Jika perlu yang mengetahui passwordnya hanya orang tua atau kakak-kakaknya yang dapat diandalkan. Walau blog milik pribadi namun konten yang di tulis khusus untuk belajar atau menyampaikan pendapat yang tidak menyinggung siapapun.

Ibu Guru SD atau SMP yang pandai IT bisa membantu mereka dengan bertatap muka via daring atau bertemu langsung dengan para orang tua dan mengajarkannya cara membuat blog dengan etika bersosial media. Guru bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dapat menggunakan blog untuk mengajarkan reading dan writing. Jika speaking dapat melalui zoom atau whatsApp call. Penggunaan blog sebagai sarana pembelajaran adalah salah satu alat untuk mengajar atau belajar. Silakan menggunakan media yang dianggap mudah untuk meningkatkan ilmu dengan berbagi kebaikan dengan murid-murid, sahabat atau orang lain.

Media yang sulit perlu dipelajari dan di takhlukkan jika memang media tersebut akan banyak memberikan manfaat. Jika dianggap tidak memiliki manfaat, sebaiknya ditinggalkan. Selamat mencoba dan have fun dengan blog.

Motto: Jadilah seorang guru yang inovatif dan menginspirasi

Berikut contoh-contoh blog sebagai bahan pengajaran.

https://naniku2020.blogspot.com/2020/10/past-continuous-tense-vs-past-tense.html?m=1

https://naniku2020.blogspot.com/2020/10/describe-your-hobbies-and-interests.html?m=1

Contoh-contoh diatas jika mengajar Bahasa Inggris, level Elementary

Beberapa contoh lain dari peserta group sebelumnya yang saat ini sudah menjadi narasumber kita https://dailalser.blogspot.com/2021/09/tugas-ulangan-ipa-perkembangbiakan.html

Untuk memberikan semangat kepada para peserta menulis, beberapa karya buku Solo beliau sbb. Semua berkat support dari OM Jay dan para senior narasumber di group menulis

 




Dan demikian paparan materi yang disampaikan oleh narasumber.

Selanjutnya adalah sesi tanya jawab.

 

P 1

Selamat malam Bunda Nani yang luar biasa. Materi pada malam hari ini sangat-sangat bermakna. Sepertinya semakin ke ujung materi yang disampaikan semakin bagus. Sehingga rasanya kami malas untuk closing ceremony. Tapi walau demikian mau Tidak mau itu harus terjadi. Supaya ada generasi berikutnya yang akan belajar menimba ilmu di sini.

Saya bu Elmi dari Riau Bunda mau bertanya. Saya yakin Bunda sangat sibuk sekali. Jadi pertanyaan saya dalam kesibukan yang luar biasa ini dalam satu hari kira-kira berapa materi yang bisa Bunda tulis di blog.

Demikian Bunda mohon penjelasannya terima kasih.

Jawaban : Ibu Elmi terima kasih atas pujiannya 😁

Sebenarnya setiap hari saya hanya dapat menulis 1 artikel saja, biasanya jika saya belum  sempat membaca ulang tidak saya share di blog tapi jika saya rasa sudah tidak ada kesalahan saya baru share via blog.Tapi jika sedang sakit saya break dulu tidak menulis.Jika kondisi fit dan tidak sibuk bisa 2 artikel di rapel.

 

P 2

Selamat malam bu Nani, 

Saya Sim Chung Wei,  Jakarta.  BM 26

1. Kumpulan tulisan yg pernah kita unggah di blog,  adakah syah di kumpulkan jadi buku?

2. Apakah dengan menerbitkan tulisan2 kita di blog, nantinya akan membuat pembaca lbh memilih baca blog kita daripada buku kita?

Jawaban : Terima kasih Bpk Sim,. betul ya bapak 😁

1.             Kumpulan yang pernah kita unggah di blog tentunya syah untuk dijadikan buku karena artikel itu kan karya sendiri.

2.             Masih banyak pembaca yang menyukai  membaca buku daripada blog kita,. ada 2 tipe pembaca e- book  atau hard copy

 

P 3

Assalamualaikum...

Saya Rusdawati dari Palangka Raya.

Selama pandemi, pembelajaran kita daring sehingga guru2 dituntut utk bisa menggunakan zoom meeting, g meet dan utk Madrasah kita menggunakan E-Learning Madrasah. Saya merasa sangat terbantu sekali dg penggunaan aplikasi e-learning terutama utk share materi pembelajaran dan  tugas siswa.

Saya sangat tertarik dg penggunaan  blog utk media pembelajaran,  sehingga ingin belajar  menggunakan blog.

Terkait penggunaan blog, sy termasuk pemula, baru buat blog ketika ikut pelatihan BM ini.

Materi malam ini menggugah saya untuk bisa belajar lagi pembuatan blog agar bisa untuk pembelajaran.

Terima kasih share materinya bu Nani...

Jawaban : Waalaikumsalam, semangat yuk.. Kita semua pemula. No worries mba

Teknis pembuatan blog untuk pembelajaran banyak saya lihat di youtube. Nanti akan pelan2 belajar. Ahlinya blog, Mas Brian, bisa tanya ke Mas Brian. Jika WordPress, Pak Bambang, atau Mr Bams.  

 

Selanjutnya adalah acara penutup. Dan moderator menutup acara dengan mengucapkan Hamdallah.

 

Demikian resume saya kali ini, semoga bermanfaat bagi saya pribadi dan orang lain

Terima kasih banyak untuk narasumber hebat dan moderator yang luar biasa serta kepada semua peserta pelatihan malam ini.

Sampai bertemu di pertemuan berikutnya. Semoga Alloh SWT senantiasa memberikan kita kesehatan dan kesempatan untuk terus belajar. Aamiin

 

Wassalam

 

Salam Literasi

 

Lombok Timur, 22 Juli 2022

 

 

 

  

 

 

 

 

 

 

 

 


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

            

 

             

 

              

 

 

    

 

             

 

            

 

           

 

          

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

AKSI NYATA MODUL 1.4

  AKSI NYATA MODUL 1.4 OLEH     :     MISPALAH, S.Pd. CALON GURU PENGGERAK ANGKATAN 7 UNIT KERJA     :     SMPN 2 LABUHAN HAJI LATAR ...